BPBD Kaltim Waspadai Banjir, Jalan Licin dan Longsor

Busam ID
Agus Tinaur. Foto by Zulkarnain

Samarinda, Busam.ID – Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) Provinsi Kaltim 2023 di halaman Kantor BPBD Kaltim Jalan MT Haryono Samarinda, Senin (20/11/2023) merupakan salah satu langkah untuk menghadapi musim penghujan.

Kepala BPBD Kaltim Agus Tianur menyebut, pihaknya juga akan mengadakan rapat dengan BPBD se-Kalimantan Timur. “Kalau banjir ini beda dengan Karhutla di mana fungsi koordinasi kita lebih menonjol karena banyak keterlibatan SKPD dan stakeholder lainnya,” terang Agus kepada Busam.ID usai apel.

Pihaknya berencana menyiagakan sejumlah personil BPBD di beberapa wilayah sebagai upaya percepatan koordinasi dan penanganan bencana yang terjadi saat musim penghujan tersebut. “Yang perlu diwasdai di musim pengujan adalah jalan yang licin akibat tanah yang masuk ke jalan dan juga longsor,” terangnya.

Sementara untuk banjir, hingga saat ini belum ada laporan, hanya saja untuk daerah pertambangan bekas galiannya yang menampung air perlu diwaspadai jika tidak kuat tanggulnya akan jebol yang mengakibatkan banjir bandang. “Sementara masih belum ada laporan adanya korban yang terluka akibat lobang pertambangan,” tutupnya. (zul/adv/bpbdkaltim)
Editor: M Khaidir

Baca berita BusamID seputar Kaltim, Samarinda dan lainnya melalui Google News

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *