Samarinda, Busam.ID – Sebuah video yang memperlihatkan air mengalir dari saluran PDAM berwarna hitam dan tak layak pakai di kawasan Perumahan Bengkuring, Jalan Labu Siam, viral di media sosial Instagram, Selasa pagi (6/5/2025). Merespons cepat keluhan warga, Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda langsung mengambil tindakan serta memberikan klarifikasi.
Asisten Manajer Humas Perumdam Tirta Kencana, Haidir Fadli, melalui staf Humas, Taufik, menyampaikan permohonan maaf kepada warga terdampak atas insiden tersebut.
“Kami telah menerima informasi sejak pagi tadi. Atas nama Perumdam Tirta Kencana, kami menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh warga di Perumahan Bengkuring atas air yang sempat mengalir berwarna hitam dan tidak bisa digunakan,” ujar Taufik.
Menurutnya, selain laporan terkait warna air, warga juga mengeluhkan aliran air yang sempat tidak deras. Setelah dilakukan pengecekan internal, diketahui kejadian ini terjadi akibat proses pembersihan pipa berdiameter 2 inci yang dilakukan oleh tim teknik Perumdam.
“Kami memang melakukan pembersihan pipa dan washout di daerah tersebut. Diduga, sisa lumpur yang tertinggal di dalam pipa ikut terbawa saat aliran dibuka kembali. Hal ini yang menyebabkan air mengalir keruh dan berwarna gelap ke rumah warga,” jelasnya.
Meski proses washout telah dilakukan sebelumnya, turbulensi di dalam pipa masih memungkinkan sisa endapan tergerak dan mencemari aliran air. Menyikapi hal itu, Perumdam langsung berkoordinasi dengan Manajer Distribusi, Adi Noviardi.
“Sekitar pukul 10.00 Wita, tim dari distribusi langsung turun ke lokasi dan memastikan kondisi air di kawasan tersebut sudah kembali normal dan jernih,” imbuh Taufik.
Sebagai langkah lanjutan, Perumdam juga merencanakan pemasangan valve (katup) di jaringan distribusi air Perumahan Bengkuring dalam waktu dekat. Hal ini bertujuan untuk memastikan pemerataan distribusi air agar kejadian serupa tak terulang.
“Kami akan melakukan pemasangan valve guna meningkatkan pemerataan aliran air di wilayah Bengkuring. Ini bagian dari upaya kami memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Samarinda,” tutup Taufik.
Perumdam Tirta Kencana menegaskan komitmennya dalam menjaga kualitas layanan air bersih dan mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan jika terjadi gangguan serupa di wilayah masing-masing. (adv/pdam/zul)
Editor: M Khaidir