11,6 Miliar untuk Bangun Kembali SMPN 5

Busam ID
Asli Nuryadin, foto by Adit/Busam.id

Samarinda, Busam.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda kini tengah mempersiapkan anggaran untuk membangun kembali bangunan sekolah SMPN 5 Samarinda, di Jalan Wijaya Kusuma V, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Samarinda Ulu, yang 21 ruang kelasnya ludes terbakar oleh kejadian kebakaran hebat belum lama ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Samarinda Asli Nuryadin mengungkapkan, dirinya memastikan pembangunan SMPN 5 pasca terbakar akan segera dilaksanakan. Pemkot mengalokasikan dana Rp 11,6 miliar untuk pembangunan tahap awal.

“Untuk saat ini sedang dibahas dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dan insya Allah anggarannya dipastikan masuk, meskipun tidak secara keseluruhan,” ucapnya, Senin (1/4/2024).

Asli melanjutkan, dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan tahap awal terhadap kelas yang terbakar. Serta memperbaiki kerusakan pada bangunan dan fasilitas lainnya. “Kalau kebutuhan kurang lebih 12 ruangan, tapi akan masuk di anggaran dalam waktu dekat ini. Masuk di anggaran pergeseran, bukan di dana APBD perubahan,” lanjutnya.

Ia menyebut, pihaknya ingin mempercepat proses pembangunan agar kegiatan belajar mengajar tak terganggu dan dapat kembali normal. Oleh sebab itu, Disdikbud menerapkan dua opsi kegiatan belajar mengajar untuk sementara waktu.
Ia mengakui, meski tak senyaman sebelumnya, ia memastikan, pihaknya telah mengatur agar proses belajar mengajar tetap berjalan optimal.

“Saat ini kami sedang menunggu dokumen keuangan, setelah itu akan dilakukan proses lelang. Insya Allah kami memastikan bahwa proses lelang akan selesai dalam kurun waktu maksimal satu bulan. Paling lambat awal Mei, pembangunan sudah dapat dimulai,”tutupnya. (adit)
Editor: M Khaidir

Baca berita BusamID seputar Kaltim, Samarinda dan lainnya melalui Google News

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *