Pelajar SD dan SMP Dilarang Bawa Kendaraan Bermotor ke Sekolah

Busam ID
Asli Nuryadin. Ft by Ryan/Busam.ID

Samarinda, Busam.ID -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Kota Samarinda memberikan imbauan kepada para kepala sekolah dari tingkat SD hingga SMP, baik negeri maupun swasta, terkait larangan pelajar membawa kendaraan bermotor ke sekolah.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Kepala Disdikbud Samarinda, Asli Nuryadin melalui surat edaran (SE) dengan nomor: 100.4.4/12377/100.01.

Surat edaran yang diterbitkan pada 16 November 2023 lalu itu, menggarisbawahi pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah.

Poin utama dalam surat edaran tersebut menegaskan bahwa pelajar dari tingkat SD hingga SMP dilarang membawa kendaraan bermotor ke sekolah.

“Larangan ini diterapkan demi keamanan siswa/siswi. Upaya ini sejalan dengan komitmen Disdikbud Samarinda untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif,” jelasnya pada Busam.ID, Senin (20/11/23).

Ia menekankan bahwa larangan ini tidak hanya berlaku untuk siswa/siswi sekolah negeri, tetapi juga untuk pelajar dari sekolah swasta.

“Imbauan ini diharapkan dapat dipahami dan diterapkan secara konsisten oleh seluruh kepala sekolah di Kota Samarinda. Lebih baik untuk orang tua murid, anaknya diantar saja,” paparnya.

Langkah ini mencerminkan perhatian pemerintah daerah terhadap keamanan siswa di lingkungan pendidikan.

“Adanya aturan ini diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan dan menciptakan suasana belajar yang fokus dan aman bagi para siswa. Kami dari Disdik Samarinda juga berharap kerjasama dari seluruh pihak terkait, termasuk orang tua siswa, untuk mendukung kebijakan ini demi kebaikan bersama,” pungkasnya. (Ryan)

Editor : A Risa

Baca berita BusamID seputar Kaltim, Samarinda dan lainnya melalui Google News

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *