Si Kembar Penipu Berkedok Karyawan Distributor Gula Berhasil Diamankan

Busam ID
Saudara kembar yang menjadi pelaku berkedok sebagai karyawan distributor gula untuk melakukan penipuan dan penggelapan terhadap sejumlah korbannya. (Foto by Humas Polresta Samarinda)

Samarinda, Busam.ID – Dua orang saudara kembar diamankan Unit Reskrim Polsek Samarinda Kota dengan kasus tindak pidana penipuan dan penggelapan di sejumlah toko di kawasan Kecamatan Sambutan, Samarinda Ulu dan Sungai Kunjang.

Bahkan salah satu korbannya mengaku mengalami kerugian hingga mencapai Rp 3,9 juta setelah 2 sak gula dibawa kabur oleh kedua pelaku tersebut. Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli melalui Kapolsek Samarinda Kota, Kompol Tri Satria Firdaus mengatakan terungkapnya kasus tersebut setelah salah satu korbannya merasa tertipu atas ulah keduanya.

“Pada hari Kamis (28/3/2024) lalu, kedua pelaku mendatangi salah satu toko di Jalan H Marhusin RT 1, Kelurahan Sungai Kapih, Kecamatan Sambutan, mereka mengaku sebagai tim audit distributor gula di salah satu pergudangan tempat korban membeli gula tersebut,” terang Satria, Selasa (1/4/2024).
Saat proses pengecekan, lanjutnya, korban mengatakan bahwa gula yang dia beli 2 sak karung 50 kilogram (kg) tersebut timbangannya kurang 4 kg

“Mengetahui itu, kedua pelaku kemudian berpura-pura untuk menukarkan dengan gula yang pas yang ada di gudang dan membawa 2 sak gula tersebut,” jelasnya.

Sekian lama korban menunggu, kedua pelaku tak kunjung kembali membawa 2 sak karung penggantinya hingga akhirnya korban yang curiga langsung menghubungi pihak gudang. “Korban kaget saat mendengar penjelasan dari pihak gudang bahwa tidak ada menugaskan karyawan untuk melakukan audit ke toko-toko,” urainya.

Korban yang merasa tertipu dan keberatan langsung melaporkan kejadiannya ke Polsek Samarinda Kota untuk diproses secara hukum. “Kurang dari 24 jam, petugas berhasil mengamankan keduanya di Jalan Latsitarda V Kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang,” ungkapnya.

Saat ini kedua pelaku sudah diamankan di Polsek Samarinda Kota untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. (zul)
Editor: M Khaidir

Baca berita BusamID seputar Kaltim, Samarinda dan lainnya melalui Google News

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *