Tahun 2024, Penetrasi Internet Kaltim Capai 80,63 Persen

Busam ID
Sekjen APJII Pusat Zulfadly Syam bersama Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal saat jumpa pers di Ruang WIEK Diskominfo Kaltim, Rabu (3/4/2024). Foto by Adit/Busam.id

Samarinda, Busam.ID – Penetrasi internet di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mencapai angka 80,63 persen di tahun 2024. Hal tersebut diungkapkan Sekjend Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Pusat Zulfadly Syam saat jumpa pers di Ruang WIEK Diskominfo Kaltim, Rabu (3/4/2024).

Dia mengungkapkan, dengan tingkat penetrasi tersebut, berarti sebanyak 3.152.256 juta jiwa di Kaltim telah terkoneksi dengan internet. “Ini merupakan tingkatan penetrasi yang baik untuk Kaltim. Sebab, capaiannya sudah melebihi, yakni 80,63 persen,” ucapnya.

Melalui survei dari APJII, pihaknya menyoroti beberapa kasus kerentanan keamanan data, mengingat pertumbuhan internet yang sangat cepat. Beberapa kasus di antaranya penipuan online, pencurian data pribadi, perangkat terkena virus, dan kasus-kasus lainnya.

“Ini juga perlu kita soroti, karena masyarakat juga harus waspada terkait kasus-kasus yang terjadi,” paparnya.
Selanjutnya, dirinya juga menyampaikan soal peringkat teratas isu hoaks yang yang terjadi di Kaltim pada tahun 2024, diantaranya isu pemerintahan, politik, hingga agama. Menurutnya, masyarakat Kaltim harus bisa memerangi segala bentuk hoaks yang terjadi di media sosial.

“Harus direduksi, dikurangi berita-berita dengan sumber yang tidak jelas. Jangan sampai karena hoaks saja, masyarakat bisa terpecah belah,” sampainya
Sementara Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal juga memberikan tips kepada seluruh masyarakat di Kaltim, untuk dapat memerangi hoaks dan tak mudah termakan isu-isu hoaks tersebut.

“Salah satu kuncinya ya kita cek sumber informasinya dulu, jangan asal share-share aja. Karena ini akan berdampak pada pembaca lainnya dalam mengonsumsi hoaks,” ungkapnya. (adit)
Editor: M Khaidir

Baca berita BusamID seputar Kaltim, Samarinda dan lainnya melalui Google News

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *